China Tangkap Ratusan Hacker

Foto: Ilustrasi penggunaan internet di China. (Reuters)
BEIJING - Kementerian Keamanan Publik China melaporkan mereka telah menangkap lebih dari 460 hacker sejak awal tahun hingga akhir November ini. Namun prospek untuk mencegah terjadinya serangan terhadap sistem keamanan komputer masih tetap suram.

Pernyataan tersebut dibuat sehari setelah WikiLeaks membocorkan kepada publik sejumlah kabel diplomatik milik Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS). Salah satu kabel menyatakan Politburo

China bermaksud mengacaukan sistem komputer Google. Tindakan ini diduga sebagai bagian dari operasi sabotase kompuer secara besar-besaran yang dilakukan oleh pemerintah China, ahli keamanan swasta dan penjahat cyber.

"Pengamanan yang kami lakukan saat ini dari gangguan para hacker masih sangat lemah. Sementara jumlah serangan hakcer dan aktivitas sabotase komputer di China masih tinggi," ujar seorang pejabat yang menolak disebutkan namanya seperti dilansir Reuters, Rabu (1/12/2010).

Pihak kementerian mengatakan mereka telah mengatasi sekira 180 kasus serangan cyber pada akhir November.

Pejabat Kementerian Luar Negeri China meminta AS untuk segera menyelesaikan isu ini sebagaimana seharusnya. Pejabat tersebut tidak memberikan penjelasan lebih lanjut dan menolak berkomentar atas kebocoran dokumen-dokumen rahasia AS akibat ulah WikiLeaks.

Pada awal Februari, China mengumumkan bahwa mereka telah menutup pusat pelatihan hacker terbesar di negara tersebut dan menahan tiga anggotanya. Tindakan tersebut dilakukan sebulan setelah perusahaan Google mengancam tidak akan melanjutkan layanannya di China setelah sempat terjadi sejumlah usaha hacking oleh pihak-pihak dari China.

SUMBER --- ^_^

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style