Akhir 2011, 64 Desa Jadi Desa Informasi

Untuk mendukung proyek Palapa Ring, Kementerian Telekomunikasi dan Informatika membuat program desa informasi di desa-desa yang berada di perbatasan. 
Keyword:
Internet, Internet, SMS, sms,bisnis online,bisnis online,sms, sms, sms,axis,axis,axis,sms gratis,sms gratis, internet,sms,ejakulasi dini,busana,korea,bisnis online,internet,internet,internet ,internet,internet,Bisnis online,bisnis,online,bisnis
online,internet,sms,sms,sms,internet

Desa informasi adalah desa yang terhubung dengan sambungan telepon masuk desa via satelit, radio komunitas, internet masuk desa, dan televisi satelit masuk desa. 

Kemenkominfo menargetkan, akhir tahun ini 64 desa telah menjadi desa informasi yang dilengkapi oleh Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK). M-PLIK merupakan sebuah mobil keliling dan menjadi sarana bagi masyarakat desa agar mudah mendapatkan akses internet. 

“Papua tahun ini mendapatkan enam M-Plik, diutamakan di kabupaten perbatasan seperti Kabupaten Keerom, Kabupaten Manokwari dan Kabupaten Merauke,” kata Menkominfo Tifatul Sembiring, 24 Desember  2011.

Pemberian M-Plik ini, kata Tifatul, diharapkan dapat menghilangkan kesenjangan informasi masyarakat di perbatasan yang selama ini terjadi. 

Sebagai informasi, proyek desa informasi ini menghabiskan anggaran Rp2 miliar per desa di mana Rp1 miliar dialokasikan untuk membeli M-Plik. Nantinya, M-Plik ini akan berpindah dari satu titik ke titik lain agar setiap lapisan masyarakat dapat menggunakan akses internet.

"Harapannya, ke depannya masyarakat Papua dapat mengakses informasi lebih mudah cepat dan murah," kata Tifatul.

Terkait keberhasilan program, pada 2012, Kemenkominfo akan menurunkan tim evaluasi apakah program ini berjalan baik atau tidak. Jika berjalan dengan baik, Tifatul berjanji akan menambah unit M-Plik di kabupaten tersebut. 

"Penyimpangan mungkin ada, misalnya ada camat yang membawa mobil tersebut pulang ke rumah dan lain-lain,” kata Tifatul. “Untuk itu kita tingkatkan pengawasan," paparnya.

Yusuf Wally, Bupati Keerom mengatakan, program ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan kampung di Kabupaten Keerom yang strategis karena berbatasan langsung dengan Papua Nugini. 

Ia berharap, selain M-Plik, pemerintah dapat mempercepat pembangunan-pembangunan Base Transceiver Station (BTS) operator seluler agar blank spot di Kabupaten Keerom dapat teratasi.

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style