Cara Aman Belanja Online

Semakin canggih teknologi membuat hampir semua hal dapat dilakukan dengan cepat dan praktis, termasuk berbelanja secara online lewat komputer yang tersambung dengan jaringan internet.


Namun, seiring perkembangan teknologi untuk mempermudah kehidupan manusia, perkembangan teknologi untuk dunia kejahatan juga semakin meningkat. Tak jarang para penjahat tersebut memanfaatkan mereka yang suka berbelanja secara online untuk dikuras uangnya, tanpa disadari sang korban.






1. Lakukan pengamatan atau riset mengenai alamat situs yang menyediakan toko online, anda bisa cek alamat, nomor kontak hingga alamat email. disini tidak hanya untuk situs online , dewasa ini banyak sekali jejaring sosial seperti facebook bisa digunakan untuk berjualan. begitu mudah tetapi kita harus tetap waspada.

2. Jangan terlalu mudah memberikan data pribadi anda, seperti KTP, SIM, kartu kredit, ATM, nomor rekening, hingga nomor handphone anda.

3. Ada baiknya anda juga cek harga yang tertulis di website dengan yang ada di toko kota anda, untuk mengetahui perbandingan harganya.

4. Setiap situs toko online pastinya mempunyai kebijakan ataupun peraturan, perhatikan dengan teliti mengenai maksud dan isinya. Tanyakan juga kalau perlu jika barang cacat sampai diterima dan bagaimana kebijakannya.

5. Gunakan password yang berbeda di setiap transaksi, hal ini untuk mengantisipasi adanya pencurian data.

6. Tanyakan apakah system belanjanya memiliki bukti yang dikirim via email dan printout.

7. Pada saat anda meng"klik" pemesanan maupun pembelian, perhatikan pada browser bar, apakah ada gambar tanda seperti kunci gembok atau secure. Karena hal itu penting untuk mengetahui apakah jalur yang anda gunakan merupakan jalur aman ( secure area ).

8. Dalam transaksi biasanya tiap toko online akan menawarkan berbagai cara, seperti via kartu kredit, Paypal atau transfer langsung via bank. Jika anda belum berpengalaman, lebih baik menggunakan transfer langsung. Sekarang ini cara yang kurang aman adalah dengan Kartu Kredit.

9. Untuk belanja online area internasional, lebih baik gunakan PayPal

10. Selalu bersihkan data chace komputer yang anda gunakan untuk belanja online, agar semua data yang telah anda kirimkan ke toko online tersebut terhapus.

11. Pastikan untuk lebih aman, pada waktu terjadi transaksi, pada alamat web menjadi https://

12. Selalu update data base software Internet Securty di komputer anda.


Inti Dari Kita Berbelanja Online Adalah Bagaimana Kita Menyikapi Hal Hal Tersebut Secara Masuk Akal. 

Semoga Bermanfaat !!! Silahkan Untuk Memberi Tambahan Tips Di Kotak Komentar.

3 comments:

hanifa said...

link nya udah ada di blog aku sob jgn lupa like, follow & link balik ya

./cyber Protes said...

Siap...Sudah .saya Follow..kawan.....

LUKISAN ABSTRAK ELEGANT said...

Iya tuwh Gan, sebelum belanja online, buka terus tuwh web, apakah ada perubahan / update, kalau gak ya hati2 Deh! truuuss, cek web itu sejak kapan berdiri, jika masih baru 1-3 bulan, perlu di teliti bener2 lagi, apalagi yang mau di beli itu harganya mahal :D, untuk cek umur web, bisa di : www.who.is - tinggal masukin aja nama domain/alamat web tujuan :)

Salam super - LUKISAN MINIMALIS BALI :)

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style