Google Berencana Hentikan Gmail Versi BlackBerry


Google akan fokus membangun penggunaan Gmail yang lebih luas pada mobile browser, sehingga memutuskan mengakhiri dukungan Gmail untuk BlackBerry.

‘Raksasa’ internet, Google, berencana mengakhiri dukungan aplikasi Gmail untuk versi BlackBerry dalam waktu dekat. Ini merupakan keputusan bisnis Google yang berorientasi pada brand ponsel.

Dalam sebuah pernyataan, Google mengatakan akan fokus membangun penggunaan Gmail yang lebih luas pada mobile browser. Namun dengan jelas Google hanya akan mencabut aplikasi resmi BlackBerry dan tidak memiliki kepentingan lain.

Ada indikasi bahwa pencabutan dukungan tersebut dipengaruhi oleh penurunan penjualan smartphone besutan Research in Motion (RIM) tersebut. Dikabarkan, penjualan RIM tahun ini menurun dua digit dibandingkan tahun lalu, yang membuatnya sulit berkembang. Sedangkan pertumbuhan Android dan iPhone terus meningkat dan sulit diprediksi.

Seperti dikutip dari TG Daily.RIM melalui pernyataan resminya mengungkapkan bahwa sejak tahun 2009, RIM telah memasukkan dukungan resmi Gmail di BlackBerry mulai dari sistem operasi 5.0 hingga yang lebih tinggi, yang artinya aplikasi Gmail tidak terpisah. Sebagian pengguna BlackBerry sudah bergantung pada dukungan asli dari Gmail (yang tersedia melalui BlackBerry Internet Service/BIS) daripada aplikasi Gmail yang berdiri sendiri.

Sebenarnya RIM tidak terlalu keberatan, namun akan menemui masalah yang cukup signifikan dengan keputusan Google tersebut. Ini merupakan sebuah simbol yang menunjukan raksasa internet ini mulai 'melemahkan' dukungannya terhadap BlackBerry.

RIM berharap akan menghidupkan kembali BlackBerry di tahun depan dengan mengusung sistem operasi baru, yang mendukung desain yang benar-benar baru. Keputusan ini sepertinya agak terlambat, karena RIM seharusnya bisa melakukannya sejak beberapa tahun lalu. 

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style