Tips Ampuh Memilih Modem yang Benar


Perangkat yang satu ini, kini seolah menjadi kebutuhan pokok dalam dunia pekerjaan. Saking pentingnya, modem pun di ibaratkan seperti 'senjata.' Lantas, bagaimana cara merawatnya?  

Modem (Modulator-Demodulator) adalah perangkat untuk melakukan koneksi internet, khususnya melalui saluran telepon. Secara fisik, modem dapat dibedakan sebagai modem internal dan modem eksternal.

Dalam kerjanya modem dibagi berdasarkan kecepatan, apakah itu berupa software atau hardware modem. Ada beberapa pembagian lagi yang sifatnya lebih teknis, seperti error control, data compression protocol.

Bagi Anda yang memiliki modem usb, tentu ingin modemnya bisa awet sampai bertahun-tahun. Untuk itu diperlukan perawatan yang maksimal layaknya Anda menyayangi seseorang yang anda cintai.

Misalnya Orangtua, Saudara, maupun pasangan hidup. Dengan menyayanginya, maka modem juga akan “menyayangi” Anda dan siap membantu dalam berselancar di dunia maya.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar tidak keliru mendapatkan modem. Berikut ini adalah tips yang diberikan Cyber Protes sehingga Anda tidak salah membeli modem sebagai teman untuk beraktivitas di dunia maya.

1. Cari referensi terlebih dahulu mengenai modem yang banyak beredar  di pasaran elektronik (bisa melalui internet, surat kabar, atau tv).

2. Tanya teman Anda yang sudah pernah membeli modem bagaimana performanya (modemnya cepat atau lambat).

3. Cari tahu tempat penjualan barang elektronik yang sudah memenuhi kriteria bagus dan terkenal akan kualitasnya (supaya Anda tidak tertipu barangnya palsu).

4. Tanyakan pula coverage (jangkauan sinyal provider) bagi Anda yang tinggal di daerah atau di pedesaan. Tanyakan  apakah modem yang Anda incar sudah bisa dipakai di daerah Anda (tidak semua provider internet mampu menjangkau setiap daerah).

5. Tanyakan garansinya (biasanya modem yang bagus bergaransi lebih dari satu tahun).

6. Usahakan setiap ada pameran mengenai komputer Anda hadir untuk mengetahui modem apa saja yang paling banyak digandrungi. Biasanya pada  pameran tersebut menjual barang elektronik dengan harga yang miring alias diskon gede-gedean.

7. Pilih modem yang tidak menguras isi kantong Anda (isi ulang).

8. Pilih modem yang prabayar (“sebelum” memakai bayar), jangan pasca bayar (“setelah” memakai bayar) agar tidak memberatkan, jadi Anda akan memakai modem kalau lagi ada uang.

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style