Aplikasi Kehidupan: Empat Pilar Pendidikan

Banyaknya orang pintar yang tidak dapat mengaplikasikan ilmu dengan benar untuk masyarakat disebabkan oleh pendidikan yang hanya fokus pada kemampuan kognitif, seperti menghafal, menguasai, dan memahami teori.


Sudah seharusnya pendidikan saat ini ditegakkan dengan empat pilar, yaitu belajar mengetahui, belajar bertindak, belajar menjadi seseorang dan belajar hidup bersama. Jadi, pendidikan bukan hanya dibatasi oleh pendidikan formal saja.


Hal ini diungkapkan oleh Dra Budi Andayani MA, dalam sebuah seminar Menuju Pembelajaran yang Mengembangkan Kepribadian Siswa dan Mengembangkan Softskil dalam Pembelajaran, di Fakultas Psikologi UGM.


“Belajar, tidak dibatasi hanya pada kemampuan intelektual, namun juga kemampuan personal untuk kehidupan selanjutnya. Bahwa dunia kerja, hubungan sosial, hubungan interpersonal, serta lingkungan fisik memerlukan sebuah kemampuan personal sehingga keberadaan seseorang menjadi bermakna dan bermanfaat bagi diri sendiri maupun lingkungannya, baik fisik maupun sosial,” .


Soft skills lebih merujuk pada kemampuan personal, yaitu sebuah kemampuan yang berkembang selama hidup. Walaupun begitu, tidak mudah bagi seseorang untuk menguasai soft skill, karena memang memiliki pemahaman yang terbatas.

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style