Perintah Perintah Di M+irc

Connect ke IRC server
Command: /server namaserver
Contoh: /server cinat.dal.net
Keterangan: contoh tersebut akan menghubungkan anda (connect) ke server irc di byroe. Beberapa Dalnet server aktif yang lain adalah : arcor.dal.net , broadway.dal.net , dragons.dal.net , hotspeed.dal.net dan lain lain.
Masuk ke sebuah chanel
Commad: /join #namachanel
Contoh: /join #jakarta
Keterangan: bagi pengguna mIRC, command ini secara default biasanya telah dibuat shortcutnya, sehingga anda bisa masuk ke sebuah channel hanya dengan menggunakan perintah /j namachanel (contoh: /j jakarta).
Keluar (part) dari sebuah channel
Command: /part #namachanel
Contoh: /part #jakarta
Keterangan: Untuk keluar dari channel yang aktif cukup mengetikkan /part di chanel yang aktif (tanpa nama channel). Coba juga /partall untuk keluar dari seluruh chanel yg kita masuki.
Mengganti nickname
Command: /nick nickname-yang-baru
Contoh: /nick teconmember
Keterangan: anda tidak bisa mengganti nickname saat channel moderated (+m) atau anda sedang di ban di sebuah chanel.
Meninggalkan pesan away
Command: /away [pesan]
Contoh: /away lagi makan, jangan di ganggu!!
Keterangan: untuk menghilangkan pesan tersebut ketik kembali /away (tanpa pesan)
Melihat informasi (server, channel, ident, dll) dari sebuah nickname
Command: /whois nickname
Contoh: /whois teconmember
Keterangan: perintah tersebut akan menampilkan informasi nickname teconmember, seperti ip adressed, ident, channel dimana teconmember berada, server yang digunakan dll.
Jika anda melakukan whois pada sebuah nick maka akan menampilkan hasil kurang lebih sbb:
teconmember is free@202.150.34.122 * star mild
teconmember #jakarta
teconmember cinta.kl.dalnet.net (faster server on dalnet)
teconmember End of /whois list.
Baris pertama menyatakan bahwa nickname teconmember memiliki ident free dengan ip addressed 202.150.34.122 dan full name star mild
Baris kedua menyatakan teconmember berada di #jakarta
Baris ketiga menyatakan bahwa teconmember menggunakan server cinta.dal.net
Mengundang (invite) seseorang ke dalam chanel.
Command: /invite #namachannel nickname
Contoh: /invite #jakarta teconmember
Keterangan: contoh tersebut akan menginvite nickname teconmember ke dalam chanel #jakarta. Command ini sangat dibutuhkan jika anda adalah seorang operator channel dan ingin mengundang teman anda masuk ke channel di saat channel invite only (+i), dimana tak seorang pun bisa masuk ke channel kecuali telah di invite oleh operator channel atau pun chanserv (channel services).
Mengeluarkan sebuah nickname dari channel
Command: /kick #namachanel nickname
Contoh: /kick #jakarta teconmember
Keterangan: contoh akan mengeluarkan nickname teconmember dari channel #jakarta dengan catatan anda adalah operator (@) di channel tersebut.
Melihat daftar/list channel
Command: /list [metode]
Contoh: /list bumi (melihat daftar channel yang mengandung kata bumi. /list -min 100 (melihat daftar channel yang jumlah user di dalamnya minimal 100 nickname). /list -max 50 (melihat daftar channel yang jumlah user di dalamnya maximal 50 nickname). /list -min 100 -max 500 (melihat daftar channel yang jumlah user di dalamnya antara 100-500 nickname). /list (melihat seluruh channel yang aktif).
Keterangan: command ini tidak dapat melihat channel yang mode nya +s (secret channel).
Membuat/mengganti topic channel
Command: /topic #namachannel topic-baru
Contoh: /topic #jakarta Selamat Datang di #jakarta
Keterangan: anda harus operator di channel agar bisa membuat/mengganti topic jika mode channel adalah +t (topic limited).
Menyatakan apa yang sedang kita lakukan
Command: /me pesan
Contoh: /me senang, /me sedih, /me cabut dulu dll.
Keterangan: command itu untuk menyatakan apa yang sedang anda lakukan/rasakan. Coba juga /ame pesan (untuk memberikan pesan ke seluruh channel dimana kita berada)
Melakukan query pada sebuah nickname
Command: /query nickname
Contoh: /query teconmember
Keterangan: contoh tersebut digunakan jika anda ingin berbicara (chating) private pada seseorang/nickname (teconmember). Pada mIRC biasanya command ini telah di buat shortcut nya, sehingga command nya dapat di singkat menjadi /q teconmember
Disconnect dari IRC server
Command: /quit [pesan]
Contoh: /quit cabut dulu bos... Wassalamualaikum
Keterangan: [pesan] bersifat optional, artinya kita bisa keluar dari IRC hanya menggunakan perintah /quit (tanpa pesan).
Mendapatkan informasi lebih lengkap
Jika anda ingin mendapatkan informasi lengkap silahkan ketik /help
Dalnet Command (perintah perintah di Dalnet)
Dalnet Command Hanya berlaku dalam keadaan SERVICES ONLINE
Nickservices
Mendaftarkan sebuah nickname
Command: /ns register password-untuk-nickname email@adresed.anda
Contoh: /ns register 123456 member@tecon-crew.org
Keterangan: command tersebut akan mendaftarkan nickname yang sedang anda gunakan, dengan password 123456. Beberapa saat setelah anda menggunakan command tersebut maka Dalnet akan mengirimkan email ke email adresed anda (member@tecon-crew.org). Untuk melengkapi pendaftaran nickname anda bukalah email dari dalnet dan baca instruksi yang ada di email tersebut. Atau agar lebih mudah anda tinggal mencari tulisan /msg nickserv@services.dal.net AUTH nickname-yg-anda-regist [kode nickname anda] . Copy dan pastekan tulisan tersebut di IRC (untuk keamanan sebaiknya copy kan tulisan itu di STATUS window).
Melakukan identify terhadap nickname
Command: /identify password
Contoh: /identify teconmember
Keterangan: anda juga bisa melakukan identify terhadap nickname anda yang lain tanpa harus mengganti nickname yang sedang anda pakai saat ini. Contoh jika saat ini anda menggunakan nickname tiaz anda bisa melakukan identify pada nickname teconmember tanpa harus mengetik /nick teconmember terlebih dahulu (contoh: /ns identify teconmember 123456). Sebagai catatan bahwa nickname anda akan DROP jika tidak di identify selama 30 hari.
Menghentikan orang lain yang menggunakan nickname yang kita miliki
Command: /ns ghost nickname password
Contoh: /ns ghost teconmember 123456
Keterangan: contoh tersebut berguna jika anda ingin menggunakan nickname anda, tapi seseorang sedang menggunakannya. command ini akan men DISCONNECT kan orang yang menggunakan nickname yang kita miliki.
Menggunakan set ENFORCE dan NOOP pada nickname
Command: /ns set [seting] on | off
Contoh: /ns set enforce on (mengaktifkan enforce), /ns set enforce off (menon aktifkan enforce), /ns set noop on (mengaktifkan no op).
Keterangan: command ENFORCE berguna untuk menghentikan seseorang menggunakan nickname kita pada saat kita offline. Seorang yang menggunakan nikcname yang telah di set ENFORCE on hanya punya waktu 60 detik untuk meng indentify password. Dan jika melewati batas waktu tersebut maka otomatis nickname berubah menjadi guest???. Command NOOP on berguna untuk menghindari SOP/Founder sebuah channel menganggkat (ADD) anda menjadi AOP/SOP tanpa izin.
Melihat informasi sebuah nickname
Command: /ns info nickname
Contoh: /ns info teconmember
Keterangan: contoh tersebut akan melihat informasi dari nickname teconmember. Informasi itu antara lain adalah tanggal nickname di register, kapan terakhir kali nickname mengindentify , setingan yang ada pada nickname dan lain lain.
Channelservices
Melihat informasi sebuah channel
Command: /cs info #namachannel
Contoh: /cs info #jakarta
Keterangan: Informasi yang dapat di lihat antara lain adalah Description channel, tanggal pendaftaran channel, Settingan yang berlaku pada channel dan lain lain.
Mendapatkan akses operator di channel
Command: /cs op #namachanel nickname
Contoh: /cs op #jakarta teconmember
Keterangan: contoh tersebut akan memberikan akses op @ pada nickname teconmember di #jakarta. Anda haruslah Aop/Sop/Founder di channel tersebut dan biasakan melakukan identify terlebih dahulu pada nickname (/identify password-anda).
Meminta Channserv Untuk menginvite
Command: /cs invite #namachanel
Contoh: /cs invite #jakarta
Keterangan: Command ini akan meminta agar Channel Services meng invite anda ke dalam channel. Hal ini Sangat Penting jika channel dalam ke adaan invite only (+i), dimana anda tidak akan bisa masuk ke sebuah channel jika tidak di invite oleh operator channel atau di invite oleh chanserv. Gunakan command tersebut agar anda di invite oleh chanserv, dan segera ketik /j namachannel jika anda telah mendapat pesan invite dari chanserv.
Melakukan UNBAN pada sebuah nickname
Command: /cs unban #namachannel nickname
Contoh: /cs unban #jakarta teconmember
Keterangan: contoh tersebut akan melakukan UNBAN (melepaskan ban) yang terdapat pada nickname teconmember di #jakarta. Jika nickname yang ingin anda unban adalah nick anda sendiri (yang sedang digunakan) maka command nya cukup dengan mengetikkan /cs unban #jakarta (tanpa nickname).
Memoservices
Mengirimkan memo ke channel/nickname
Command: /ms send #channel | nickname [pesan anda disini]
Contoh: /ms send #jakarta harap seluruh operator lebih memperhatikan peraturan channel. (mengirimkan memo ke seluruh operator di #jakarta) , /ms send teconmember Assalamu alaikum, apa kabar teconmember.. (mengirimkan memo ke nickname teconmember)
Keterangan: pastikan nickname anda dan nickname yang ingin anda kirimkan memo telah di register.
Melihat daftar memo yang masuk
Command: /ms list
Contoh: /ms list
Keterangan: command tersebut akan menampilkan daftar memo yang masuk ke nickname anda tanda * di depan angka berarti memo tersebut adalah memo yang baru (belum di baca).
Membaca memo yang masuk
Command: /ms read [nomer memo]
Contoh: /ms read 1 (untuk melihat memo nomer satu), /ms read 2 (untuk melihat memo nomer dua)
Keterangan: nomor memo adalah nomor yang anda dapatkan saat melihat daftar memo (/ms list).
Mendapatkan informasi lebih lengkap
Jika anda ingin mendapatkan informasi lengkap silahkan ketik /ns help , /cs help dan /ns help
Ban dan Unban serta beberapa Mode Channel yang Penting
Ban dan Unban
Sebelum anda membaca tulisan di bawah ini sebaiknya anda benar benar memahami bagian /whois
Command ini di perlukan jika kita ingin mengeluarkan sebuah nickname dari channel secara permanent setelah melakukan kick, dan baru bisa kembali masuk ke channel setelah di unban.
Command: /mode #namachannel +b nickname | Full Addressed
Contoh: /mode #jakarta +b teconmember atau /mode #jakarta +b teconmember!*@*
Keterangan:
Command tersebut akan melakukan ban pada nickname atau masuk di sebuah #channel
Format Full Addresed adalah nick!ident@ip.addressed
contoh nickname teconmember dengan ident free dan ip addressed 202.150.34.122 , Full Addressed nya adalah
teconmember!free@202.150.34.122
maka command untuk banned adalah sbb
/mode #jakarta +b teconmember!free@202.150.34.122
anda juga bisa menggunakan wildcard * pada full addressed
contoh jika ingin melakukan ban pada semua nickname dan ident yang memiliki ip addresed 202.150.34.122
adalah dengan menggunakan command spt di bawah ini
/mode #jakarta +b *!*@202.150.34.122
contoh lain adalah:
/mode #jakarta +b crew*!free@202.150.34.*
/mode #jakarta +b *!free*@202.150.34.122
Untuk melakukan unban anda tinggal mengganti +b menjadi -b
Keterangan lengkap mengenai hal ini bisa di baca di manual manual lainnya atau ketik /help
Mode Channel
Membuat channel dalam ke adaan moderated dan invite only
Command: /mode #namachannel [mode channel]
Contoh: /mode #jakarta +i (invite only) , /mode #jakarta +m (moderated), dan /mode #jakarta +im (moderated dan invite only)
Keterangan:
Channel dalam ke adaan moderated (+m) artinya hanya user yang mendapat voice dan operator channel yang dapat melakukan kegiatan di channel (berbicara/chat, memberi channel notice, mengganti nickname dll).
Channel dalam ke adaan invite only (+i) artinya tidak seorang pun bisa masuk ke channel kecuali di invite oleh operator channel atau di invite oleh chanserv.
Untuk menon aktifkan mode channel ini cukup mengganti tanda + (plus) menjadi (-) minus, (contoh /mode #jakarta -im).?

by jurank_dankkal

Tecon-Crew

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style