Internet telah Menjadi “Garis Hidup” Manusia dalam Bersosialisasi


Berapa banyak jumlah teman Facebook Anda? 500? 1000? 2000? Jika ditinjau kembali, apakah seluruh teman di daftar tersebut semuanya merupakan teman Anda? Coba hitung kembali jumlah teman Anda di dunia nyata!

Studi terbaru yang dilakukan Cystic Fibrosis Trust menyatakan bahwa para pengguna sosial media aktif memiliki teman di dunia maya dua kali lebih banyak dibandingkan di dunia nyata. Saat ini, orang-orang cenderung lebih terbuka, jujur, dan percaya diri jika sedang berkomunikasi dengan teman virtual mereka.

Helen Oxley, Psikolog di Manchester Adult Cystic Fibrosis Center, RS Wythenshawe , menyatakan bahwa di lingkungan yang lebih luas, cara pandang masyarakat terhadap pembentukan hubungan pertemanan mulai berubah. Mereka (masyarakat) menganggap bahwa koneksi antarmanusia dapat terjalin dengan sangat baik bahkan dengan orang yang belum atau bahkan tidak akan mereka temui.


Menurut penelitian, 30 persen pengguna aktif internet menghabiskan sekitar dua jam per harinya untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka. Satu dari sepuluh orang memiliki keyakinan bahwa akan bertemu dengan “sahabat yang diinginkan” di dunia maya. Lima persen pengguna internet akan melanjutkan hubungan lebih dalam dengan menanyakan nomor telepon, alamat email, atau nama lengkap untuk dimasukkan ke dalam daftar teman di situs jejaring sosial.

Yang terpenting, internet saat ini memegang peranan yang cukup krusial bagi beberapa orang yang memiliki masalah fisik atau berada dalam kondisi sakit. Penelitian ini juga menemukan fakta bahwa saat ini internet menjadi “garis penyambung” bagi orang-orang yang tidak bisa bersosialisasi secara fisik sebebas dan sebanyak yang mereka inginkan. Orang-orang dengan kondisi khusus seperti itu “menyandarkan” hidup mereka kepada internet untuk mendapatkan teman baru entah dari blog, instant messaging, jejaring sosial, dan lain sebagainya. Dalam kondisi ini, internet menjadi media terapi paling ampuh untuk psikologis orang-orang dengan keadaan khusus dalam menghadapi kondisi mereka.

Source : dailymail

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style