Software Penyaring Situs Berbahaya untuk Anak Tidak Bekerja Maksimal?

Jika Anda termasuk salah satu orangtua yang memasang software pengunci situs-situs dewasa agar tidak dapat diakses anak-anak Anda, sebaiknya cek kembali kerja software tersebut. European Commission menyatakan bahwa software tersebut terbukti 20 persen gagal menyaring situs-situs tersebut. Akibatnya, banyak situs berbahaya yang masih bisa terjangkau oleh tangan-tangan kecil anak Anda.



Software penyaring yang ada saat ini tidak berhasil menyaring situs-situs yang menyajikan dan mempromosikan tindakan mencelakai diri sendiri yang kebanyakan berisi promosi mengenai anoreksia, percobaan bunuh diri, atau mutilasi terhadap diri sendiri. Dari penelitian yang dilakukan, hanya sedikit dari software tersebut yang dapat melakukan penguncian terhadap isi “web 2.0” seperti situs-situs jejaring sosial dan blog. Hal serupa juga terjadi pada perangkat selular dan game console.

Walau begitu, penggunaan software penyaring tetap dapat meniminalisasi kesalahan penggunaan internet oleh anak. Untuk langkah aman, sebaiknya dampingi anak Anda saat ia mengakses internet dan usahakan untuk menyosialisasikan kepada mereka mengenai kerugian mengakses situs yang “belum pantas mereka akses”.

Berdasarkan penelitian, hingga saat ini, tindakan preventif dengan memasang software penyaring situs masih jarang dilakukan para orangtua. Jumlah terbesar dilakukan orangtua di Inggris dengan jumlah persentase sebesar 54 persen, selanjutnya diikuti Irlandia (48 persen), Prancis (44 persen), Belanda/Belgia (36 persen), Austria (33 persen), dan beberapa negara Eropa lainnya.

Berapa persenkah jumlah orangtua Indonesia yang memproteksi anak-anaknya agar tidak mengakses situs-situs berbahaya tersebut? Pertanyaan tersebut dikembalikan kepada Anda: sudahkah Anda memasang software penyaring untuk menyelamatkan moral anak-anak Anda? Berita ini mungkin akan sedikit membuka mata Anda untuk mulai peduli dan memilih software yang tepat untuk melindungi jagoan-jagoan kecil Anda dari dampak negatif teknologi.

Berikut daftar 10 software penyaring terbaik saat ini yang bisa Anda pilih:

    Netnanny Parent Control
    Safe Eyes
    Cyber Sitter
    Puresight PC
    Cyber Patrol
    MCafee Parent Controll
    Filter Pack
    ImView
    Norton Parental Control
    Parent Control

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style