Robot Ikan Pengawas Air Sungai yang Tercemar

Air merupakan salah satu elemen terpenting yang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup yang ada di Bumi. Zat yang tidak berwarna serta tak memiliki rasa tersebut tentunya sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup dan kita pun patut untuk menjaganya dari ancaman polusi zat berbahaya dan mematikan.

Belum lama ini, salah satu universitas ternama di Amerika Serikat, Michigan State University (MSU), telah berhasil merancang sebuah robot yang bentuknya mirip ikan, lengkap dengan ekor dan juga sirip, yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi air yang tercemar di sungai. Selain dapat membantu untuk memantau kebersihan air dari polusi, robot ikan tersebut mampu memantau dan menilai tingkatan level air yang telah tercemar.

Bagian sirip ekor robot tersebut terbuat dari polimer elektroaktif yang digerakkan dari respon terhadap listrik untuk membantu robot tersebut berenang di air layaknya ikan sungguhan. Tepat di sisi kanannya, terpasang sebuah sensor yang mampu mendeteksi polusi air yang terjadi di sungai tersebut. Selain sungai, kemampuan robot ikan ini telah di ujicobakan di danau, arus sungai, dan juga laut.

Ide cemerlang ini tampaknya didorong atas kesadaran betapa pentingnya peranan air bagi semua makhluk hidup. Menjaga dan mengawasi sumber air yang dibutuhkan merupakan sebagai salah satu wujud dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Berikut ini adalah video ulasan dari MSU dan para pengembang robot ikan tersebut.

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style