Download All Communication Software

Jika orang berbicara mengenai komunikasi, maka tak akan lepas dari adanya keterlibatan dari dua atau lebih subjek yang saling menukar suatu informasi. Secara harfiah komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses penyampaian informasi dalam hal ini bisa berupa ide, gagasan, tanggapan, sanggahan, pesan, dan lain-lain dari suatu subjek kepada subjek lain sehingga terjadi saling keterkaitan diantara keduanya.

Ada beberapa unsur yang perlu di perhatikan dalam berkomunikasi, unsur-unsur ini harus ada agar komunikasi dapat berjalan dengan baik. Unsur-unsur tersebut diantaranya :


    Informasi  (data yang dikirim atau diterima seperti suara, gambar, file, tulisan, dll)
    Pengirim (subjek yang memberikan informasi)
    Media (alat atau sesuatu yang berfungsi mengirimkan informasi dari pengirim kepada penerima. 

   Media yang  berfungsi mengantarkan informasi misalnya udara (ketika berbicara langsung), telepon  (ketika berbicara langsung tetapi tidak bertemu secara langsung), dan lain-lain.
    Penerima (subjek yang menerima informasi)
    Feedback (tanggapan dari penerima pesan)


Pada awalnnya, komunikasi terjadi dan hanya bisa dilakukan secara langsung saja yaitu berhadapannya antara satu subjek dengan subjek lain, adapun media yang dipakai pada zaman ini masih berupa subjek atau orang. Hal ini dikarenakan belum terdapatnya alat atau media yang digunakan. Setelah perkembangan yang terjadi sejak sekian lama, banyak sekali perubahan-perubahan dalam hal komunikasi. Ditemukannya alat atau media yang digunakan dalam proses komunikasi merupakan salah satu diantara perubahan besar tersebut.

Diera Globalisasi yang sekarang ini marak diperbincangkan orang, komunikasi merupakan satu diantara beberapa faktor utama yang menyebabkan terjadinya era Globalisasi. Hal ini bisa terjadi karena pasatnya perkembangan komunikasi itu sendiri. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa komunikasi merupakan “penemuan yang revolusioner” di era globalisasi. hal ini dikarenakan peningkatan teknologi komunikasi yang pesat seperti ditemukannya radio, televisi, telepon, satelit dan jaringan komuter seiring dengan industiralisasi bidang usaha yang besar dan politik yang mendunia.

Setelah terjadinya revolusioner di bidang komunikasi, perkembangan komunikasi jarak jauh otomatis menjadi mudah dilakukan. Pertukaran informasi antar daerah bahkan antar benua bisa terjadi secara langsung. Ada tiga bentuk dasar dari komunikasi jarak jauh, diantaranya :

    Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Pager, televisi, dan radio.

    Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : Telepon dan VOIP.
    Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex) pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh : Handy Talkie, FAX, dan Chat Room.

(Wikipedia Indonesia)

Ada beberapa dampak positif dari perkembangan revolusioner komunikasi diera Globalisasi, yaitu
    Hubungan antar benua tak terbatas
    Trsansaksi dapat terjadi secara instan
    Perkembangan dunia pemberitaan semakin maju
    Manusia menjadi lebih mudah berkomunikasi
    Timbul rasa kesenangan bagi manusia
    Manusia menjadi lebih mudah mendapatkan informasi


Selain dampak positif, perkembangan revolusioner komunikasi diera Globalisasi mempunyai dampak negatif, yaitu :

    Terjadinya ketergantungan terhadap teknologi komunikasi (HP, TV, Internet, dll)
    Sering terjadi penyalahgunaan fungsi teknologi komunikasi (Telepon digunakan untuk meneror, Internet digunakan untuk membuka situs-situs tidak jelas, dll)
    Penggunaan BTS dan Elektrimagnetis yang dapat mengganggu kesehatan
    Semakin menipisnya nilai-nilai budaya lokal akibat globalisasi


------------AREA DOWNLOAD-----------------------------------------------------------
Skype
The most popular cross-platform VoIP application. Must-have for everyone online.
Download

Pidgin
Easy-to-use, cross-platform, multi-protocol chat client. Supports all major chat programs.
Download

Digsby
An alternative multi-protocol instant messaging app. Cross-platform. Extremely popular.
Download

Trillian Astra
Popular multi-protocol instant messaging client.
Download

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style