Situs Polri polri.go.id Kena Hack

JAKARTA - Situs Kepolisian Republik Indonesia dengan domain polri.go.id, kembali menjadi korban peretas (hacker). Saat dibuka, situs ini langsung mengarah ke alamat http://www.polri.go.id/backend/index.html.  Belum pasti jam berapa tepatnya situs ini di hack tapi yang jelas, Senin (16/5), tidak bisa diakses sama sekali alias blank. Di alamat direct link bisa dilihat bahwa situs tersebut di retas, tampilannya berwarna hitam dengan foto dua orang berbaju khas kearab-araban mengibarkan bendera. Bahan jika anda buka sekarang maka akan muncul halaman error, mungkin karena server langsung dimaintenance. Anda masih bisa melihatnya di Google Webcache

Tampilan hitam disertai tulisan "Tiada tuhan kecuali Allah - Muhammad hamba dan utusan Allah". Selain itu ada juga tulisan "Bangkitlah singa-singa Islam!" yang terletak di bawahnya.

Pada bagian bawah terdapa link video dengan judul 'Doa Hamba Allah yang Prihatin dengan Kondisi Umat Islam'.

Video berisi Doa ini diambil dari doa Syaikh Muhammad Al-Mohaisany, Imam Masjidil Haram, Mekkah. Di bawah link video tersebut terdapat arti doa tersebut dalam bahasa Indonesia.

Pelaku sempat meninggalkan ID k1ll@th3.tv. Saat membuka laman web tersebut muncul foto kaca spion yang pecah. Tak jelas apa maksud pelaku.

Dari hasil penelusuran, laman itu merupakan sub domain dari th3.tv dengan lokasi server di Jerman. Artinya, domain tersebut adalah penyedia hosting gratisan dan siapapun bisa melakukan hosting disana.

Aksi hacker terhadap situs polri pernah terjadi pada tahun 2008, saat itu peretas membobol jalur keamanan di sistem RTMC milik Polri yang digunakan untuk memantau trafik lalu lintas.

Jika mengacu pada UU ITE, pelaku dapat dikenakan Pasal 33 jo. Pasal 49 jo. Pasal 52 ayat (2) UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman maksimal pidana pokok ditambah 1/3-nya. Yaitu penjara maksimal 10 tahun ditambah 1/3, jadi 13.33 tahun, serta denda Rp 10 miliar ditambah 1/3, jadi Rp 13.33 miliar.
Kabar Terbaru nya, ternyata subdomain yang http://ppid.polri.go.id  juga kena imbasnya, domain tersebut diredirect ke http://ppid.polri.go.id/backend/index.html dengan tampilan yang sama.

0 comments:

Post a Comment

Connect with Us!

Banner 300x250

Most Popular

Internet

Home Style

Fashion

Money

Azon Profit Master

Beauty

Sekolah Internet Indonesia

Computer

Life Style